Bunga Melati Belanda

Melati belanda si cantik yang feminim dan romantis, ketika sedang berjalan - jalan pagi atau sore hari di perumahan dan taman, tidak jarang kita melihat berbagai jenis tanaman dengan bentuk bunga yang cantik merambat di pagar dan atau dipojok taman,  ada yang berwarna merah, putih, ungu, kuning dan lain sebagainya. 


Demikian juga bentuk mahkota bunga serta ukurannya yang sangat beragam. Kecil, sedang, besar, seperti bintang, seperti tabung dan sebagainya. 

Bunga memang selalu menyenangkan untuk dilihat dipelihara dan juga dinikmati keharumannya. Salah satu tanaman yang menarik untuk dirambatkan dipagar rumah adalah Melati Belanda ( Quisqualis indica). Tanaman ini juga sering disebut dengan nama Chinese Honeysuckle. 

Tanaman ini sangat menarik terutama karena kombinasi warna bunganya dalam setangkai yang merupakan campuran warna merah, pink, putih dan hijau. Campuran warna dalam setangkai ini terjadi karena, dalam tangkai yang sama terdapat banyak sekali kuntum bunga yang mulai mekar bertahap. Kuncup bunganya berwarna hijau segar, begitu mekar lalu keluar bunga yang berwarna merah, untuk berikutnya memudar berwarna pink lalu putih. 

Terlihat sangat cantik, feminine dan romantis

Yang jelas tanaman ini membutuhkan sinar matahari yang banyak untuk mengoptimalkan keberhasilannya dalam memamerkan keindahan bunganya. Dan tentunya karena batangnya yang lemah, sebaiknya memang ditanam didekat pagar atau dibantu tiang penyangga agar memiliki tempat bersandar. 

Kalau kita melintas di dekatnya, bukan saja kita melihat pemandangan yang cantik romantis, namun dari bunga yang berbentuk tabung mekar ini sayup-sayup juga tercium wangi yang lembut. Sangat cocok dimanfaatkan untuk mengundang kupu-kupu agar datang ke halaman rumah kita.

No comments:

Post a Comment