Jenis Jenis Bunga Melati

Melati merupakan tanaman bunga hias yang mudah tumbuh didaerah mana saja , bunga ini berupa perdu yang tumbuh merambat dan hidup menahun, dengan bunga yang terus tumbuh dan mekar setiap hari.

Di Indonesia, salah satu jenis melati dijadikan sebagai "puspa bangsa" atau simbol nasional yaitu melati putih (Jasminum sambac), karena bunga ini melambangkan kesucian dan kemurnian, serta dikaitkan dengan berbagai tradisi dari banyak suku di negara ini.

Bunga ini merupakan suatu keharusan hiasan rambut pengantin dalam upacara perkawinan berbagai suku di Indonesia, terutama suku Jawa dan Sunda. Jenis lain yang juga populer adalah melati gambir. 

Menurut beberapa sumber terdapat kurang lebih 200 jenis melati yang telah diidentifikasi oleh para ahli botani dan baru sekitar 9 jenis melati yang umum dibudidayakan dan terdapat delapan jenis melati yang potensial untuk dijadikan tanaman hias (perlu rujukan). Sebagian besar jenis melati tumbuh liar di hutan-hutan karena belum terungkap potensi ekonomi dan sosialnya. Tanaman melati termasuk suku melati-melatian atau Oleaceae.

Jenis-jenis melati di antaranya adalah : Jasminum elongatum (Berg.) Willd. (melati hutan: gambir, poncosudo; syn. J. multiflorum Bakh. non (Burm.f.) Andr.). Jasminum mensyi (Jasminum primulinum, melati primrose). Jasminum multiflorum (Burm.f.) Andr. (Star Jasmine, syn. J. pubescens Willd.). Jasminum officinale (melati casablanca, Spanish Jasmine) sinonim dengan J. floribundum = Jasmine grandiflorum). Perdu setinggi 1,5 meter. Jasminum parkeri Dunn. (melati pot). Jasminum revolutum Sims. (melati italia) Jasminum rex (melati raja, King Jasmine). Jasminum sambac (L.) Aiton (melati putih, puspa bangsa) Jasminum simplicifolium (melati australia, J. volibile, melati bintang). Melati hibrida. Bunga berwarna merah muda dan harum.

No comments:

Post a Comment