Bunga Sedap Malam

Sedap malam (sundel) adalah tumbuhan hijau abadi yang minyaknya dipergunakan dalam pembuatan parfum. Tanaman ini diperkirakan berasal dari Meksiko dan sampai saat ini dikenal sekitar 12 spesies. 

Bunga sedap malam biasa mekar di malam hari. Bangsa Astek mengenalnya dengan nama omixochitl, "bunga tulang" mungkin karena bunga ini hanya terdiri dari tangkai dan bunga saja sedang daunnya lebih mirip seperti pembungkus batangnya. 

Nama bunga ini di India bagian timur adalah ratkirani, yang berarti "ratu malam". Di Singapura bunga ini dinamakan xinxiao, yang berarti "tempat ngengat hinggap". Di Persia, bunga ini disebut maryam, yang merupakan nama umum bagi anak perempuan. 

Bunga ini juga digunakan di Hawaii untuk pengantin hampir mirip dalam tradisi jawa dimana disetiap kamar pengantin terdapat bunga ini dan dahulu di zaman Viktoria digunakan sebagai bunga kuburan.

Selanjutnya bunga sedap malam lebih dikenal sebagai bunga hias, yang ditaruh di pojok ruangan , baik di ruang tamu , ruang keluarga maupun ruang kamar tidur. Harum bunga ini digambarkan kompleks, eksotis, manis, dan khas dari sebuah bunga. 

Tanaman ini tumbuh hingga 45 cm dan menghasilkan rumpun bunga putih. Daunnya panjang dan berwarna hijau muda yang mengumpul di pangkal batangnya.

No comments:

Post a Comment