Bunga Teratai

Bunga atau kembang pada dasarnya adalah sebuah alat reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga, ianya adalah cikal bakal dari buah yang bisa dinikmati baik oleh binatang maupun makhluk hidup lainnya seperti manusia, namun adapula tumbuhan yang berbunga namun tidak menghasilkan buah , ianya disebut sebagai bunga sejati.

Teratai adalah nama untuk tanaman air yang dalam bahasa Inggris dikenal sebagai water-lily atau waterlily. Teratai merupakan tanaman air yang unik mereka yang tumbuh di air yang sangat berlumpur (kotor), memiliki warna bunga yang lebih cemerlang. jika warna bunganya putih maka akan memiliki warna lebih putih, bila merah lebih merah, dan semakin terang warnanya.


Teratai menjadi tanaman di kolam dan kebun atau rawa karena bunganya yang indah dan mereka tumbuh di permukaan air yang tenang. Bunga dan daun yang terdapat di atas permukaan air, keluar dari tangkai yang berasal dari rizoma yang berada di dalam lumpur pada dasar kolam, sungai atau rawa. Tangkainya terdapat di tengah-tengah daun yang berbentuk bundar atau bentuk oval yang lebar yang terpotong pada jari-jari menuju ke tangkai. Permukaan daunnya tidak mengandung lapisan lilin sehingga air yang jatuh ke permukaan daun tidak membentuk butiran air.

Teratai terdiri dari sekitar 50 spesies yang tersebar dari wilayah tropis hingga daerah subtropis seluruh dunia.

No comments:

Post a Comment