Bunga Sepatu

Bunga sepatu (Hibiscus rosa sinensis) disebut juga sebagai kembang wera dalam bahasa sunda, sedangkan orang jawa menyebutnya wora-wari. Di Sumatera dan Malaysia, kembang ini disebut bunga raya. Bunga ini ditetapkan sebagai bunga nasional Malaysia pada tanggal 28 Juli 1960. 

Kembang sepatu adalah tanaman semak yang berasal dari Asia Timur dan banyak ditanam sebagai tanaman hias di daerah tropis dan subtropis. Bunganya besar, berwarna merah dan tidak berbau.

Selain itu bunga sepatu juga merupakan satu diantara sekian macam bunga yang dipakai atau dipergunakan sebagai bahan untuk penelitian dan penjelasan mengenai bagian bagian bunga karena bunga sepatu memiliki bagian bagian bunga yang lengkap dan dapat terlihat dengan jelas karena bentuk dan ukurannya yang cukup besar.

Seperti halnya Tumbuhan bunga yang lain bunga sepatu terdiri dari beberapa bagian, diantaranya adalah batang, akar, bunga yang memiliki struktur lengkap, dan tergolong sebagai tumbuhan yang memiliki bunga sempurna. 

Berikut ini penjelasan mengenai bagian-bagian bunga dan juga fungsinya :
  • Tangkai, bagian yang satu ini bisa dilihat dan juga dipegang secara langsung, berada di bagian paling bawah yang biasanya berfungsi untuk menyokong bunga tersebut agar tetap berdiri tegak dan berfungsi sebagai penghubung antara bunga dan bagian batangnya.
  • Mahkota, bagian mahkota menjadi yang paling indah dan terkadang mengeluarkan aroma yang beragam. Tidaak mengherankan jika dikatakan sebagai mahkota karena keindahan sekuntum bunga bisa terpancar dari sini.
  • Kelopak, bagian ini memiliki fungsi sebagai peling, yaitu melindungi mahkota bunga sebelum nantinya mekar atau masih dalam bentuk kuncup, namun pada saat sudah waktunya mekar akan memisah menjadi beberapa bagian dan memberikan ruang pada bunga untuk mekar.
  • Benang sari, memang tak semua jenis bunga memiliki ini, apalagi untuk bunga yang memang tidak akan menghasilkan buah, namun pada jenis bunga sempurna tetap ada meskipun tak berfungsi sebagaimana mestinya, benang sari sendiri dikatakan sebagai alat kelamin jantan.
  • Putik, bagian ini dikelilingi oleh alat kelamin jantan dan areanya sendiri juga berada di tengah-tengah, berfungsi sebagai alat kelamin betina, dimana nanti saat ada penyerbukan akan benang sari akan masuk secara langsung pada putik dan menghasilkan pembuahan dalam berbagai macam bentuk.
Dengan melihat dari kesemua bagiannya anda bisa membedakan antara bunga yang sempurna dan juga yang tidak, bunga sempurna adalah bunga yang memiliki semua bagian tersebut, meskipun alat kelamin hanya satu, sedangkan untuk bunga yang tak sempurna merupakan bunga yang tidak memiliki salah satu bagiannya.

No comments:

Post a Comment