Bunga Melati Jepang

Siapa yang tidak mengenal bunga melati ? Pastinya 40 % orang di Indonesia sudah mengenal dan mengetahui bunga melati, kenapa 40 % saja ? karena tentunya anak anak dan remaja di indonesia ada juga yang belum mengenal dan mengetahui bunga melati.

Bagaimana dengan melati jepang ? Mungkin semakin sedikit yang tahu dan banyak sekali yang belum tahu mengenai bunga melati Jepang ini. Bunga melati jepang ini merupakan varian dari bunga melati sendiri. Bunga melati Jepang merupakan bunga melati yang banyak tumbuh di negara Jepang, dan memiliki ciri fisik yang berbeda dari melati yang lain.


Melati Jepang ini mempunyai bentuk pohon berbatang kecil. Tinggi batang melati Jepang hanya sekitar 1/2 sampai 2 meter. Sangat cocok digunakan sebagai penghias taman atau halaman rumah. Daun-daunnya berhadap-hadapan dan tumbuhnya berselang-seling.

Daun melati Jepang berukuran lebar antara 5 sampai dengan10 cm dan panjangnya dapat mencapai 15 cm. Daunnya berwarna hijau tua atau hijau muda dengan campuran warna kuning, menambah kesan keindahan dari tanaman ini. Bunganya terdapat di sepanjang tangkai dan merapat pada ujungnya. Bentuk kumpulan bunganya ini secara keseluruhan merupakan tandan yang ke luar dari ketiak daun. Kelopak bunga berwarna hijau dan mempunyai sela-sela dalam yang menyerupai gigi. Mahkota bunga bentuknya seperti tabung yang pada ujungnya terbuka. Bentuknya bulat telur atau bulat panjang. Warna dari mahkota bunga ini ungu muda dan hampir berwarna putih susu. 

Bunga Melati Jepang dapat tumbuh dimana saja. Di dataran rendah bunga ini dapat tumbuh dengan baik. Begitu juga jika ditanam di dataran tinggi, melati Jepang dapat tumbuh dengan sempurna.

Karena mempunyai keindahan yang menawan, melati Jepang ini mempunyai harga yang terbilang mahal. Mahal karena sebanding dengan kualitas. Bunga melati ini juga biasa digunakan sebagai bahan komestik, minyak wangi dan masih banyak lagi kegunaan yang lain dari tanaman melati Jepang.

No comments:

Post a Comment